Minggu, 25 Maret 2018

Rangkuman: KOMUNIKASI SINKRON dan ASINKRON


KOMUNIKASI DALAM JARINGAN


Terdapat 2 jenis komunikasi daring yaitu komunikasi sinkron dan kumunikasi asinkron.

A.    KOMINIKASI SINKRON

Komunikasi sinkron didefinisikan sabagai komunikasi real-time antara 2 orang. Contohnya meliputi komikasi tatap muka atau telepon. Contoh komunikasi elektronik sinkron mencangkup panggilan telepon dan pesan instan. Panggilan telepon adalah contoh system komunikasi sinkron. MOOs IRC ( obrolan relay internet ), obrolan, audio, dan videoconference adalah bentuk komunikasi sinkron.
Komunikasi real time antara instruktur dan siswa yang menggunakan media komunikasi  dua arah seperti konferensi telepon, video atau obrolan, dll. Salah satu contoh dari komunikasi langsung adalah text chat, video conferensi, dll. Layanan text chat memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi menggunakan teks dengan pengguna lainnya. Contoh layanan text chat antara lain gtalk, yahoo messager, facebook chat yang berbasis perangkat genggam seperti WhatsApp, line, kakao talk, dll.
Sedangkan layanan video chat disebut juga video call atau video phone, memungkinkan penggunaka untuk berkomunikasi antar pribadi 1 ke 1. Pada umumnya video chat harus dilaksanakan secara sinkron. Contohnya seperti facebook video call, skype, google + hangout, facetime, dll.

KELEBIHAN :
Kecepatan transmisi yang lebih cepat karena pada sinkron tidak menggunakan bit tambahan setiap mengirimkan paket data.

KEKURANGAN :
Memiliki kemungkinan terjadi error atau masalah yang lebih tinggi karena kerjanya yang membutuhkan signal clock yang cepat untuk menerima paket data secara serempak.

B.    KOMUNIKASI ASINKRON

Komunikasi ansinkron adalah pertukaran pesan, seperti di antara host pada jaringan atau pernangkat di computer, dengan membaca dan merespon sebagai jadwal yang diizinkan daripada menurut beberapa jam yang disinkronkan baik untuk pengirim maupun penerima atau secara real time. Contohnya termasuk e-mail, papan diskusi dan pesan teks melalui telepon seluler. Dalam komunikasi asinkron, receiver diperlukan untuk membedakan antara data dan noise yang valid.
Komunikasi daring asinkron adalah komunikasi menggunkan perangkat computer dan jaringan internet yang dilakukan secara tunda. Jenis komunikasi antara lain Email, forum, blog, Sosmed & nbsp; (social network) dan website.
  • EMAIL

Email adalah cara pengiriman data, file text, foto digital, file audio, dan video dari satu computer ke computer ke komputer lainnyadalam jaringan internet.

KELEBIHAN :
Email akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat, dapat menampung lampiran berupa file digital sebagian besar sebagian besar tidak memerlukan biaya selain untu biaya internet.
Dari segi layanan terdapat email gratis dan email berbayar :

·         EMAIL GRATIS
Adalah kegiatan surat menyurat memalui jaringan internet tanpa mengeluarkan biaya dalam penggunaannya. Contoh : Yahoo! Mail, Gmail, Livemail, Hotmail, dll.

·         EMAIL BERBAYAR
Adalah kegiatan surat mneyurat melalui jaringan internet yang dikenai biaya tambahan. Contoh : Yahoo! Mail plus dengan berbagai layanan tambahan, antara lain: tambahan kapasitas Email, pelindung terhadap virus, bebas iklan, dl

Komentar